bersabar dalam belajar

aku melihat banyak orang berbondong-bondong “menjaga” ego dengan tekun sekali.

“aku terdidik seperti ini.”
“orang tuaku menyakiti.”
“aku sudah biasa hidup seperti ini.”
“aku berhak bahagia.”

bukankah itu hanya sebuah alasan? alasan untuk menghindari kenyataan, malas untuk belajar, dan menolak perubahan 😥

aku juga manusia biasa seperti kamu. yang semakin bertambah usia, semakin sadar bahwa kehidupan orang dewasa memang seluruhnya tentang tanggung jawab. benar-benar tidak mudah menjalaninya.

namun, aku tahu satu hal: manusia bisa berpikir, berefleksi, dan mengambil pesan di dalamnya. alaminya seperti itu.

aku juga tahu hal alami seperti itu tidak selalu terjadi pada semua manusia. apalagi bila manusia ini belum berdamai dengan hal yang menyakitinya di masa lalu. boleh jadi, luka pada hatinya itu akan menghambat manusia ini menemukan kesadaran.

lalu, kesimpulannya apa?
kesimpulannya terserah masing-masing manusia ingin memilih cara hidup yang seperti apa 🥲

aku bersyukur karena Allah membimbingku ke jalan yang dengannya aku tergerak untuk mencari tahu dan belajar. dari sanalah kesadaranku muncul secara perlahan.

kesimpulan yang aku pilih adalah aku ingin terus mengamatinya secara perlahan: segala lingkungan dan orang-orang di sekitarku. aku tidak ingin menyerah pada keadaan. apalagi melanjutkan cara hidup yang salah.

dari hasil pengamatan, hal-hal “mengejutkan” akan bermunculan. tak jarang hal tersebut membuat aku patah hati, putus asa, dan sulit berdamai dengan keadaan.

tetapi, ketika mengingat kembali bahwa segala yang terjadi adalah rencana Allah, biasanya, aku kembali diingatkan Allah melalui hatiku sendiri. lagi-lagi “alarm hati” berbunyi.

hatiku bilang, “tak apa merasa kecewa, bersedih, dan marah sebentar. tetapi, jangan pernah mundur ke belakang. ingat selalu, di depan sana ada cerita indah yang bisa dan layak diperjuangkan.”

kalau hati sudah mengatakan, biasanya aku tertunduk malu. rupanya aku ini manusia yang belum bersabar terhadap proses pembelajaran.

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s