anak dan lingkungannya

berikut insight yang aku dapat dari materi pembelajaran malam ini.

kunci utama dalam proses belajar pada anak adalah anak itu sendiri. jadi sebenarnya, meskipun nggak ada guru spesial pun si anak tetap bisa jadi anak pintar. asalkan lingkungan di sekitarnya diatur sesuai dengan perkembangan alami dia.

tugas kita sebagai orang dewasa yang sudah sadar adalah mengawasi dan memfasilitasi aja. kalau dia nggak tahu, arahkan supaya dia berusaha mencari tahu. kalau dia keliru, kasih tahu yang benar agar dia nggak keliru lagi. kalau dia berada di posisi yang nggak aman, tempatkan dia di tempat yang aman. singkatnya, kita jadi mentor yang baiklah gitu.

lalu sebagai orang dewasa yang sudah terbentuk karakternya, kita juga sudah tahu ‘kan benar dan salah. yasudah, di depan anak kecil bersikaplah dengan benar. jadi teladan yang baik.

kalau ingin melakukan hal-hal yang nggak benar, di kamar sajalah. tahan diri sebentar menjadi orang benar di depan mereka. sebab, anak-anak usia 0-6 tahun itu menyerap segala perilaku dan lisan kita. kita adalah sosok yang ia contoh. ia merekam segala hal yang ada di lingkungannya.

kesimpulan refleksi untuk materi malam ini adalah bila hati kita begitu gelisah melihat ketidakbenaran yang ada di sekitar (orang-orangnya, sistemnya, atau apapun yang ada di dunia). kegelisahan itu nggak boleh diabaikan. mulai aja melakukan aksi baik dari diri sendiri.

kita bisa berkontribusi dengan cara menjadi teladan yang baik untuk anak-anak di sekitar kita. khususnya anak-anak usia 0-6 tahun. karena pada usia itulah penyerapan proses belajar anak terjadi sangat pesat. mereka seperti kamera. merekam segalanya melalui seluruh panca indra, menyimpan dalam pikiran, dan “mencetaknya” dalam bentuk pola pikir, lisan dan perbuatan.

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s