Kita dan Pandemi #37: Bagaimana Jika Hasil Tes PCR Belum Negatif?

Bisa mendapatkan hasil negatif dalam waktu kurang lebih satu minggu setelah gejala pertama, rupanya menjadi sesuatu menakjubkan bagi banyak orang.

Lalu, mereka akan menanyakan beberapa pertanyaan ini,

“Kamu ngapain aja ketika isoman?”
“Kamu makan apa aja?”
“Gimana caranya ningkatin imun?”

Sebaliknya, bila tidak mendapatkan hasil negatif dalam 10 hari isoman, mereka akan memberi pernyataan ini,

“Kok belum negatif, ya.”
“Obatnya diminum nggak sih.”
“Terlalu banyak pikiran kayaknya deh.”
“Pasti dia nggak tenang karena belum negatif.”

Dan masih banyak pernyataan tidak menyenangkan lainnya.

Melihat kejadian ini di lingkungan sendiri. Aku melihatnya lucu juga. Sepertinya ia belum terlalu banyak mencari referensi.

Padahal, pulih atau tidak pasien covid-19 bukan ditentukan oleh hasil swab PCR ‘kan :’) Berkurangnya gejala-gejala covid-19 adalah tanda bahwa kamu perlahan sudah sembuh šŸ˜Š

Tidak semua penyintas covid akan mendapatkan hasil negatif dalam waktu satu minggu. Banyak juga yang hasil swab PCRnya masih positif, padahal tubuhnya sudah sehat wal’afiat. Beberapa kasus bahkan baru mendapat hasil negatif setelah isolasi selama satu bulan.

Yang membuat semakin miris, masih ada lho perusahan yang mewajibkan karyawannya membawa hasil swab PCR negatif setelah isoman.

Kementerian kesehatan, CDC, bahkan WHO bilang, virus corona tidak akan menularkan setelah kita melakukan isolasi mandiri selama 10-14 hari. Virusnya sudah mati. Mereka pun menyarankan, untuk kasus ringan dan sedang, kita tidak perlu swab PCR lagi.

Jadi, bila kamu sudah isolasi mandiri selama 10-14 hari, namun masih dinyatakan positif covid-19, jangan terlalu khawatir. Sungguh, kamu baik-baik saja. Kalau masih batuk sesekali, itu pun tidak apa-apa. Nanti lama-lama juga hilang kok šŸ’Ŗ

Setelah melakukan isolasi mandiri sesuai waktu yang ditentukan, kamu sudah boleh bekerja lagi. Dengan syarat, tetap mematuhi protokol kesehatan. Kamu pun sudah boleh bercengkrama dengan keluarga. Insya Allah, kamu sudah tidak menularkan.

Aku ingin berbagi cerita. Jadi, pada waktu aku dinyatakan positif kemarin, aku cuma minum obat virus selama tiga hari. Sebetulnya, aku dikasih resep untuk membeli obat itu lagi. Namun, obatnya habis šŸ˜… Apotek di mana pun tidak ada yang menjual obat tersebut. Jadi, selama isolasi mandiri itu, aku hanya minum vitamin D, E, dan C saja.

Kalau kamu mengalami hal yang serupa, jangan cemas ya! Minum saja vitamin yang kamu punya. Makan buah dan sayur. Makan tepat waktu. Berjemur. Lalu, tidur siang dan tidak begadang. Kamu harus tidur sebelum jam 10 malam.

Kenapa harus tidur yang banyak? Dari yang aku tahu, kita membutuhkan tidur yang cukup agar proses penyembuhan berjalan dengan baik. Sehingga, tubuh kita menjadi cepat pulih.

Menurutku, dari semua usaha yang dilakukan, menjaga pikiran tetap sehat adalah hal utama. Kamu harus membuat nyaman pikiranmu sendiri. Kamu harus berusaha menenangkan dirimu sendiri.

Jangan pernah menyerah dengan keadaan yang tidak nyaman. Aku tahu, sakit covid itu tidak nyaman. Pada saat gejala muncul, badanmu tidak akan enak.

Karena tenggorokanmu sakit, lama-lama mulutmu akan terasa pahit. Tetapi, kamu harus tetap makan. Karena penciumanmu terganggu, kamu akan kesulitan untuk menikmati makanan apapun. Tetapi, kamu harus tetap menghabiskan makanan tersebut. Dengan begitu, tubuhmu akan mendapatkan energi untuk melawan virus itu.

Tidak perlu memikirkan hasil swab PCR nantinya akan negatif atau positif. Fokus saja untuk memulihkan tubuhmu sendiri. Tubuhmu sedang sakit karena dimasuki oleh virus covid-19. Jadi, bantu si tubuh untuk melawan virus itu ya!

Yang sedang berjuang untuk sembuh, semangat ya! Lakukan banyak hal yang menyenangkan hati dan pikiranmu šŸ¤

Aku yakin kamu akan segera sembuh šŸ„°šŸ’Ŗ

Beberapa tanya jawab oleh doktersam.id ā¬‡ļøā¬‡ļø

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s