Orang Miskin Jangan Mati di Kampung Ini

Selamat Hari Buku Nasional!

Buku yang sedang aku baca adalah karya Mas Riza Almanfaluthi. Mas Riza adalah pegawai Direktorat Jendral Pajak. Aku nggak ingat bagaimana awalnya hingga menemukan blog Mas Riza. Yang jelas, sampai sekarang aku masih rutin membaca blognya. Lalu, langsung semangat banget membeli buku tersebut saat Mas Riza promosikan di blognya.

Aku suka tulisan-tulisan Mas Riza yang sangat informatif. Selain informatif, ia juga nggak pernah lupa menyisipkan hikmah pada setiap tulisannya.

Ada satu tulisan Mas Riza yang aku ingat banget. Tulisan itu tentang tips and trick menulis esai. Dengan gaya khasnya yang mengedukasi tanpa menggurui, setelah membaca tulisan tersebut kok aku langsung tercerahkan, ya. Menulis esai pun seperti lebih mudah dilakukan.

Buku berjudul Orang Miskin Jangan Mati di Kampung ini adalah kumpulan tulisan Mas Riza. Sebagian besar berasal dari blognya. Sebagian lainnya adalah tulisan Mas Riza yang sudah dimuat di media lain. Buku ini terdiri dari banyak cerita yang super menginspirasi. Tiap kali membacanya, aku seperti menahan napas saking serunya. Lalu, setelah selesai membaca, aku langsung mengembuskan napas saking leganya. Pesan-pesan yang disampaikan sungguh “ngena” banget.

Hingga review buku ini kutulis, tulisan Mas Riza sudah aku baca sampai halaman 155. Dari total keseluruhan 183 halaman. Kesan-kesannya, bagaimana? Wah, aku suka banget buku ini. Kamu yang merasa hatinya sedang gersang, harus baca buku ini. Insya Allah, hatimu akan sejuk kembali.

Dalam buku ini, Mas Riza selalu memasukkan pesan-pesan Islami yang akan membuat kita merenung ribuan kali. “Oh iya bener”, ” Masya Allah”, “Astagfirullah, aku lupa”, dan ucapan pengingat lainnya.

Kisah yang berkesan banget untuk aku adalah cerita tentang perempuan-perempuan pejuang ASIP (ASI Perah). Mereka rela membawa berliter-liter ASIP demi sang buah hati. Mereka selalu siap sedia berhadapan dengan siapapun asalkan ASIP sampai kepada sang buah hati. Masya Allah. Membaca kisah tersebut meningkatkan semangatku berkali-kali.

Aku merekomendasikan sekali buku ini. Kalian harus baca ❤

Terima kasih, sudah menulis cerita-cerita yang menginspirasi, Mas Riza. Berkat buku Mas Riza, aku diingatkan kembali tentang kekuatan sedekah dan istigfar. Berkat buku Mas Riza, aku diingatkan kembali bahwa takdir Allah itu nggak akan pernah membuat kita rugi. Sebaliknya, takdir Allah selalu baik untuk kita. Baik sekali, malah.

Aku mendoakan, semoga keberkahan senantiasa Allah berikan untuk Mas Riza dan keluarga. Aamiin Allahumma Aamiin. Sekali lagi, terima kasih, Mas Riza.

Oh iya, sesuai pesan Mas Riza, Insya Allah aku akan semangat menebar manfaat dan menyusun sejarahku sendiri 🙂🙏🏻

8 Comments

  1. Segera setelah membaca kalimat-kalimat awal postingan mbak, saya langsung meluncur dulu ke blognya Pak Riza. Luar biasa, seorang pegawai Direktorat Jendral Pajak masih bisa sangat produktif menghasilkan tulisan yang berkualitas, informatif, dan inspiratif.

    Baru saja saya juga mendapati postingan beliau terkait tip menulis esai dengan teknik angle. Saya setuju dengan yang Mbak tulis bahwa sepertinya dengan teknik tersebut menulis esai tidak lagi menjadi sangat sulit (meskipun kenyataannya mungkin juga tetap sulit sih….hehehe).

    Review buku yang menarik Mbak. Semoga lekas rampung membacanya, ditunggu reviewnya lagi tentang buku tersebut (jika ada). Hehe.

    Liked by 1 person

    1. Iya, luar biasa banget. Saya yakin Mas Riza super sibuk. Tapi, selalu menyempatkan menulis. Kerennnn. Dari tulisan beliau, si Mas Riza kayaknya bisa menulis di mana pun, Ibnh. Bahkan ketika di KRL saat beliau pulang :’)

      Setuju. Kenyataannya, menulis esai memang nggak mudah 🤣

      Terima kasih, Ibnu. Hehe siap. Insya Allah saya tuliskan lagi bila nanti ada pelajaran-pelajaran seru lagi 😁

      Liked by 1 person

    1. Sama-sama, Mas Riza 🙂 iya kah? Saya nggak sadar karena buka blog dari hape mas 😅 Siap nanti saya perbaiki. Terima kasih, Mas Riza 🙏🏻

      Like

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s