Hidup Bukan Hanya tentang Diri Sendiri Saja

“Setiap orang memiliki definisi cinta sendiri.”

“Geum Hui melihat ke arah yang sama denganku.”

“Itu sebabnya kami tidak pernah berseteru saat berbicara.”

“Rasanya aku mendengar pendapatku sendiri melalui mulutnya.”

“Aku seperti melihat diriku yang lain.”

Perkataan di atas adalah pengakuan Ju Sang Won dalam drama Home for Summer.

Setelah adegan itu, ada rasa “klik” dalam hatiku. Seolah-olah aku mengatakan kata setuju berulang kali.

Aku sangat setuju dengan apa yang Ju Sang Won katakan. Iya, aku tahu percakapan ini hanya dalam drama. Dan sangat mungkin ceritanya hanya fiktif belaka. Namun, bukan itu intinya.

Fiktif atau tidak, poin yang menarik perhatianku adalah tentang nilai yang penulis sampaikan. Dalam percakapan Ju Sang Won dan temannya, penulis ingin memberitahu penonton bahwa kesamaan nilai adalah hal penting dalam sebuah hubungan.

Meskipun tidak diucapkan melalui kata, Ju Sang Won dan Wang Geum Hui percaya bahwa hidup bukan hanya tentang diri mereka. Ada banyak orang di sekeliling yang harus diperhatikan dan dijaga perasaannya. Maka, dalam mengambil keputusan pun mereka tidak hanya memikirkan diri sendiri saja. Mereka sangat hati-hati dalam bersikap agar tidak melukai orang-orang di sekitarnya.

Atas dasar kepercayaan itulah akhirnya Ju Sang Won dan Wang Geum Hui ingin hidup bersama. Seperti kata Ju Sang Won, ia seperti mendengar pendapatnya sendiri melalui perkataan Wang Geum Hui. Dan ia memiliki pandangan yang sama terhadap Wang Geum Hui.

Belajar dan Berproses Bersama

Ada cerita lain,

Kalau cerita tadi berasal dari drama, kali ini berasal dari cerita nyata Kak Vrina dan Kak Faldo.

Kak Vrina dan Kak Faldo adalah suami istri. Mereka satu almamater denganku. Meskipun kami tidak saling mengenal, entah mengapa aku selalu tertular energi positif tiap kali melihat unggahan mereka di instagram. Mereka super menginspirasi!

Kak Vrina adalah dokter sekaligus penulis buku. Kak Vrina rajin betul berbagi informasi. Tentang kesehatan, parenting, dan kemuslimahan. Gaya bicara yang lucu juga menambah daya tarik Kak Vrina ini. Sehingga memudahkan kami menyerap informasi 😊 kalau kamu ingin tahu informasi apa saja yang Kak Vrina bagi, coba buka instagram beliau di @davrinarianda.

Kalau Kak Faldo, sama seperti waktu kuliah dulu, Kak Faldo tetap bersemangat menyalurkan aspirasi masyarakat. Jika dulu, Kak Faldo aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa. Paska lulus, Kak Faldo menyalurkan aspirasi masyarakat melalui ranah politik. Oh iya, Kak Faldo juga sering membuat video dalam channel youtubenya, lho. Dalam channel itu, Kak Faldo banyak memberikan opini. Coba cari deh channelnya. Namanya, Faldo Maldini.

Nah, beberapa hari lalu Kak Vrina dan Kak Faldo berbagi sedikit pandangan mereka melalui video singkat. Tema yang mereka bicarakan adalah kesamaan nilai apa yang membuat keduanya merasa “cocok”.

Dalam video itu mereka sepakat, suka belajar dan suka berproses adalah dua hal yang membuat mereka cocok satu sama lain. Dan hal itu juga yang membuat mereka “sejalan” dalam menjalani rumah tangga.

Sepenting itu kah memiliki nilai yang sama? Iya, penting banget.

Dengan memiliki nilai yang sama, kita berdiskusi bukan untuk bersiteru. Melainkan, mencari kesepakatan yang terbaik untuk keduanya.

Dengan memiliki nilai yang sama, kita berdiskusi bukan untuk saling menyalahkan. Melainkan, saling mendengarkan dan memberi tanggapan yang tidak menyakiti hati.

Dari pengalamanku sendiri, melakukan perjalanan dengan seseorang yang memiliki nilai sama pun sangat menyenangkan, lho. Hal sulit menjadi lebih mudah. Dan hal berat terasa jauh lebih ringan.

Bagaimana nilai yang aku percaya sampai saat ini? Tentunya ada banyak sekali hahaha setiap kita pasti memiliki nilai-nilai yang sudah tertanam sejak dini, kan?

Aku setuju dengan nilai Ju Sang Won dan Wang Geum Hui. Aku juga sejalan dengan nilai Kak Vrina dan Kak Faldo 😁

Tetapi, jika boleh aku sebutkan satu nilai lagi, keluarga penting untukku. Sebab, di sana setiap individu belajar banyak hal, mendapat cinta dan kasih sayang, tersakiti dan kemudian tersembuhkan kembali, serta merenungi setiap jejak langkah yang sudah ditapaki.

Meskipun anggota keluarga sering melakukan kesalahan, aku yakin keluarga selalu menjadi penguat setiap insan. Sejauh apapun kita berkelana, bukankah keluarga selalu menjadi tempat untuk pulang?

Kalau kamu bagaimana? Setujukah kalau kesamaan nilai adalah poin penting dalam menjalani hubungan? Khususnya dalam menjalani rumah tangga bersama Teman Hidup? 😁

11 thoughts on “Teman Hidup: Kesamaan “Nilai”?

  1. Aku nggak memgerti karena belum ada pasangan hidup. Tapi kalau masalah dalam keluarga, sepertinya penting juga diskusi dan kata mufakat. Misalnya bapak sama anak. Anak pengen apa, eh bapak maunya apa. Kalau nggak bisa diskusi dan nggak ketemu kata mufakat kan bisa berantem terus tuh

    Liked by 1 person

  2. Kakak keren isinya. Nilai adalah besar atau harga atau arah. Kalau begitu nilai seseorang ditentukan oleh apa?. Status sosial, harta, jabatan atau ilmu. Nilai 1 dan nilai 0 dalam biner apakah bisa dijadikan pelengkap juga, bukankah nilai mereka beda tapi saling melengkapi. Jadi definisi kesamaan nilai secara hakiki, apakah sama saja, atau juga bertolak belakang? Tolong sebutka alasannya kak πŸ™

    Liked by 1 person

  3. Terima kasih 😊

    Nilai seseorang ditentukan oleh apa? Kalau menurut saya, nilai atau values yang dimiliki seseorang berasal dari kebiasaan yang dia lakukan. Dan akan semakin “kuat nilainya” ketika ia belajar dari pengalamannya.

    Apakah definisi kesamaan nilai secara hakikiki? Dalam hubungan, menurut saya nilai tetap harus sama. Namun, menjalani nilai yang diyakini ada banyak caranya. Berbeda pun sungguh tak apa. Saya rasa, setiap orang bebas saja memilih cara yang ia suka. 😁

    Liked by 1 person

    1. Wah sinetronnya memang tentang apa kak? πŸ˜…

      Sama-sama kak, organisasi gimana maksudnya kak? Kalau menurut kakak gimana? Tentang pertanyaan nilai yang kakak tanyakan ke saya 😁

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s