Tahu Krispi tadi pagi 😁

Tahu krispi adalah salah satu masakan andalanku di rumah. Keluarga selalu bahagia kalau aku membuat tahu jenis ini. Sampai-sampai adikku berkata seperti ini,“Entar kalo udah nikah, semua lauk lo tepungin aja! Lo jago goreng tepung-tepungan wkwkwk.” Selaku pecinta makanan krispi, aku memang niat betul membuat masakan krispi seperti tahu goreng ini.

Membuat tahu krispi sebenarnya mudah sekali. Bahannya mudah didapat. Dan caranya mudah dilakukan. Kamu hanya membutuhkan tahu jenis apapun dan tepung bumbu kemasan. Kalau hari ini, aku membuat satu buah tahu cina putih ukuran besar dengan dua buah tepung bumbu kemasan ukuran kecil.

Dua buah tips supaya berhasil membuat tahu krispi adalah memotong tahu dengan tipis dan membalur tahu dengan dua kali baluran tepung bumbu.

Jika kebanyakan orang menggoreng tahu dengan cara mencairkan tepung bumbu, mencelupkan tahu ke dalam cairan tepung, dan kemudian menggoreng. Kalau aku tidak seperti itu.

Berikut aku sebutkan tahapan-tahapan sederhananya ya,

1. Potong tahu dengan ukuran tipis. Kalau aku, tahu yang ukuran besar itu aku potong jadi empat. Kemudian, dari keempat tahu ukuran sedang itu, masing-masing tahunya aku potong menjadi empat lagi. Kalau ribet, dipotong menjadi tiga juga boleh. Ukuran itu sudah bisa menghasilkan tahu yang krispi, kok.

Setelah tahu dipotong semua, siram wadah yang berisi tahu itu dengan sedikit air. Isi air setengah wadah, ya. Supaya apa? Supaya tahunya tetap basah, teman-teman. Jadi nanti akan mudah saat proses pembaluran tahu dengan tepung bumbunya.

2. Tuang tepung bumbu ke dalam wadah. Tepungnya tidak perlu dibasahi, ya. Biarkan si tepung tetap kering.

3. Setelah tahu dan tepung siap, balurkan tahu ke dalam tepung. Lalu, celupkan lagi tahu ke dalam air tahu yang berisi setengah wadah tadi. Setelah itu, balurkan kembali tahu ke dalam tepung.

4. Goreng, deh. Goreng sampai tahu berwarna kecoklatan. Hati-hati dengan api kompor, ya. Gunakan api ukuran sedang saja. Hal ini dilakukan supaya tahu tidak gosong.

5. Kalau kamu suka makanan yang kriuk-kriuk, kalau ada tepung yang tersisa jangan dibuang, ya. Kamu bisa gunakan tepung itu untuk membuat kriuk 😁

Caranya bagaimana? Kamu hanya perlu memberikan sedikit air pada tepung sisa, kemudian kamu pilin tepung yang basah itu menggunakan tangan. Terkait ukuran kriuk, terserah kamu saja. Kalau aku, lebih suka yang ukurannya kecil. Semakin kecil, semakin garing kan πŸ˜†πŸ‘

Oke, sekian tips dari aku. Beberapa orang, paling malas pada tahapan membalurkan tahu yang dua kali itu. Kata mereka, malas banget wkwk mereka juga tidak sabar menunggu tahu matang kecoklatan saat proses menggoreng. Alhasil, tahunya tidak garing dan jadinya lembek deh. Kalau sudah begitu, kamu gagal membuat tahu krispi πŸ˜‚

Aku #TimKrispi. Kamu? Wkwk Selamat mencoba, para #TimKrispi! πŸ’“

Advertisements

6 thoughts on “Membuat Tahu Krispi

    1. Yeaay sehati sekali kita 😘😘😘

      Wah, caramu oke juga tuh. Balurin ke tepung yang basah dulu ya, setelah itu ke tepung kering.

      Kalo pake caraku malah boros lin wkwkwk makasih sarannya, Lin 😍

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s