Unik atau tidak adalah perkara penilaian saja. Tergantung bagaimana kamu memandang sesuatu. Sama seperti ketika aku melabeli kebiasaan sahabatku sebagai tindakan yang unik. Seperti, kebiasaan Dela merekatkan sticker harga pada sampul plastik buku barunya. Tidak ada alasan khusus. Ia hanya senang saja.

Aku juga pernah membaca cerita orang lain kalau kesukaannya adalah memberi nama pada tanaman-tanamannya. Kali ini ada alasannya. Kata dia, tanaman tersebut begitu berarti untuknya. Maka, pemberian nama adalah sebagai penghargaan untuk tanaman-tanamannya.

Lalu, bagaimana dengan aku? Aku tidak tahu perbuatan ini unik atau tidak. Tapi, perihal ini cukup “aneh” bagi orang-orang di sekitarku. Kata mereka, “Bagaimana bisa aku tahu?”

Aku memiliki kebiasaan mengingat kebiasaan orang lain. Meskipun tidak dengan sengaja mengingat, aku akan mengingatnya. Dan ingatan itu akan bertahan dalam waktu lama.

Apakah ini menandakan bahwa ingatanku cukup baik? Tidak juga. Aku buruk mengingat kisah masa kecil. Aku juga buruk dalam mengingat cerita-cerita dalam film. Kalau tidak “diniatkan”, aku tidak bisa mengingat cerita dalam film dengan rinci.

Jadi, kebiasaan orang lain seperti apa yang biasanya aku ingat?

Aku bisa mengingat dengan banyak mengamati. Misalnya saja pengetahuanku tentang kesukaan Dela dengan camilan. Dela memang tidak secara gamblang mengatakan bahwa dirinya suka melahap camilan. Tapi aku bisa tahu dari kebiasaannya sehari-hari.

Dela ini selalu membeli camilan tiap pulang kerja. Yang aku perhatikan, camilan yang Dela beli biasanya berupa makanan manis. Di kamarnya juga selalu ada satu atau dua toples berisi camilan. Dari hal-hal itu, aku tahu Dela memang suka nyemil.

Lalu, tentang Wira yang suka sekali sate padang. Dulu saat di kampus, tiap ada kesempatan makan sate padang, Wira akan memilih sate padang. Padahal kala itu banyak sekali pilihan makanan.

Saat di kosan pun, Wira rela keluar kamar sebentar hanya untuk mencari tukang sate padang. Mengamati kebiasaan Wira, aku jadi tahu kalau makanan kesukaan dia adalah sate padang. Apakah Wira pernah secara terang-terangan mengatakan? Tentu saja tidak. Tapi, melalui pengulangan yang Wira lakukan, aku tahu Wira benar-benar suka sate padang.

Atau tentang Kak Dhika yang suka sekali teh pahit hangat. Tiap kali bekerja, Kak Dhika selalu membuat teh hangat. Ketidaksukaannya terhadap air putih, membuat Kak Dhika harus melakukan itu. Kalau kakak datang lebih awal, biasanya ia akan mampir sebentar ke mini market untuk membeli minuman manis kemasan. Dari mana aku tahu kalau Kak Dhika suka sekali teh pahit hangat? Apakah Kak Dhika bercerita? Lagi-lagi jawabannya tentu saja tidak.

Aku tahu hal tersebut dari hasil ngobrol bareng Kak Dhika. Saat itu, Kak Dhika sedang minum teh. Kulihat tehnya hitam pekat sekali. Lansung saja aku bertanya,“Kak, tehnya hitam banget. Itu sengaja tehnya nggak diangkat?”

“Iya. Teh enakan begini, Shin. Berasa tehnya. Harum gitu.” jawabnya.

“Pake gula nggak, Kak?” tanyaku.

“Pake lah. Aku suka teh manis hehehe mau coba?” jawab Kak Dhika sekaligus menawari tehnya.

“Boleh boleh.” langsung kucoba teh buatannya. Dan memasang mimik muka kepahutan. Rasanya sungguh pahit wkwk

“Ini mah teh pahit namanya kak. Bukan teh manis hahahaha.” kataku.

“Manis tahu!!!” sanggahnya. Definisi pahit atau tidak memang relatif, ya. Tergantung selera setiap orang memang :’)

Sejak saat itu, aku tahu kalau Kak Dhika menyukai teh pekat manis sedikit hehehe

Aku biasa melakukan semua itu. Mengamati lebih banyak dan juga bertanya yang tak kalah banyak. Dari obrolan ringan maupun mendalam, biasanya aku bisa menyimpulkan selera dan kesukaan teman. Meskipun tidak melalui ungkapan lisan.

Dari kebiasaanku itu biasanya aku menjadi tidak kesulitan memberikan hadiah kecil untuk teman. Atau membelikan titipan. Tanpa bertanya banyak kepada mereka, aku tahu apa yang mereka inginkan. Meskipun tidak semua hal aku tahu, paling tidak pengamatan yang aku lakukan bisa memberikan sedikit “bocoran” 😆

Bagaimana dengan kamu? Apa hal unik yang biasa kamu lakukan? 😁

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s