Percaya diri itu bisa diciptakan. Salah didikan orang tua tidak bisa menjadi alasan. Kita hidup untuk masa depan, kan? Jadi, alih-alih menyalahkan didikan yang tidak membentukmu menjadi seseorang yang percaya diri, bagaimana kalau kamu sendiri yang membuat perubahan?

Pandanganku ini diperkuat dengan satu artikel yang aku baca barusan. Di sana dituliskan bahwa percaya diri bisa diubah dan dibentuk melalui berbagai cara seperti, perencanaan, persiapan, pembelajaran, latihan, dan berpikir positif.

Tantangan terberat untuk rasa percaya diri adalah melakukan hal baru atau melakukan hal di luar kemampuan. Melakukan keduanya tentu bukan hal mudah untuk dilakukan. Apalagi bila sebelumnya memiliki pengalaman buruk yang menyebabkan kegagalan. Ditambah kritik orang-orang yang membuat keadaan semakin tidak menyenangkan. Bagaimana bisa kondisi ini membuat kita percaya diri, kan? Bila berpikir cepat, pasti jawabannya hal itu sungguh sulit sekali dilakukan.

Tetapi, mau tidak mau, siap tidak siap, kita memang harus memutuskan. Jalan apa yang kita pilih untuk masa depan.

Usia yang semakin bertambah membuat kita harus mengambil banyak peran dan tugas. Misalnya saja ketika diberi tugas baru oleh atasan yang sebelumnya belum pernah dikerjakan. Pastilah muncul keraguan akan kemampuan.

Namun, bukan hidup namanya kalau kita langsung menolak tugas tersebut hanya karena keraguan. Padahal, hakikat hidup memang selalu penuh tantangan dan ujian.

Aku percaya, keraguan datang hanya karena kita belum memantapkan keyakinan. Maka, satu-satunya cara memantapkan keyakinan adalah libatkan Tuhan dalam mengambil keputusan. Dan kemudian mempersiapkan. Hanya dengan cara itulah rasa percaya diri bisa didapatkan.

Karena rasa percaya diri bisa diciptakan, bagaimana kalau kita berusaha menaklukkan? Jangan pernah menyerah dengan keadaan. Diri ini terlalu berharga bila kita menyia-nyiakan kesempatan.

Sumber foto: http://www.pngtree.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s