Insya Allah, ini adalah tema tulisan Bulan Juni 🙂

Satu bulan kemarin aku mengikuti kelas menulis. Aku tahu kegiatan itu dari instagram (IG) dengan akun @Pejuang30DWC. Kalau kamu ingin tahu dan berminat mengikuti kelas menulis, silakan buka IGnya ya 🙂

Kegiatan yang dilakukan dalam kelas menulis, ada kelas online yang dimentori oleh Kak Rezki dan Kak Rizka (nanti dapat materi juga dalam bentuk PDF), feedback dari mentor dan anggota, serta tantangan menulis dengan tema khusus.

Bagi penulis pemula seperti aku, kegiatan ini bermanfaat sekali. Semua hal tentang tulis menulis dibahas di sana. Bahkan untuk tata cara penulisan sederhana seperti penempatan tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan cara penulisan percakapan juga dibahas lho di sana.

Karena tipe tulisanku adalah non fiksi, maka dapat banyak nasihat dari si Kak Rezky. Inti dari saran Kak Rezki, kami disuruh bikin konten khusus. Tujuannya, supaya tulisan kami lebih terarah. Meskipun tidak dilarang menulis konten bebas yang sesuai “mood”, Kak Rezky menyarankan kami menulis segera dengan tema khusus.

Selama 30 hari kemarin aku masih menulis dengan tema bebas hahaha ternyata tidak mudah ya menulis tema khusus seperti yang Kak Rezki sarankan. Khususnya aku, masih kesulitan sekali menulis setiap harinya. Meskipun sudah yakin tema apa yang akan ditulis hari itu dan kerangka tulisan pun sudah beres, selalu saja kebingungan saat mulai merangkai kalimat.

Padahal, aku sudah mengikuti saran teman-teman. Katanya, tulis saja dulu semua, editnya belakangan. Tetap saja selalu tidak lancar tiap kali menyusun kalimat. Butuh waktu beberapa jam hingga akhirnya satu buah tulisan siap diunggah :’)

Melihat kemampuan menulis yang masih seperti ini, aku pun memutuskan mengikuti tantangan menulis lagi. Aku harus membiasakan diri menulis setiap hari.

Aku mendapatkan tantangan menulis ini dari Mas Hery di IG. Beliau adalah teman satu kelompokku saat tantangan menulis bulan kemarin. Terima kasih, Mas Hery.

Saat kali pertama melihat judulnya, aku langsung jatuh hati. Aku merasa, tema ini cocok sekali untukku. Entah mengapa, ada banyak sekali pertanyaan yang ingin kutanyakan pada diri sediri. Dan ingin tahu sejauh mana aku mengenali diri.

Teman-teman yang tertarik mengikuti tantangan menulis ini, boleh sekali ikutan. Langsung saja mulai menulis dengan tema-tema yang tertera. Tidak apa-apa mulainya terlambat. Aku pun memulai menulis tidak dari tanggal 1 hehe

Selamat membaca dan menulis. Semoga setelah tantangan menulis ini berakhir kita semakin mengenali dan mencintai diri kita sendiri ♥

Advertisements

4 thoughts on “Cerita tentang Tantangan Menulis Bulan Juni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s