Menulis catatan pada selembar kertas tiap kali memberikan hadiah kepada orang lain adalah satu kebiasaan yang sering aku lakukan. Dan sulit sekali bila harus ditinggalkan. Kalau tidak melakukannya, aku merasa tidak sepenuhnya menjadi “seorang Shinta”.

Media yang sering aku gunakan biasanya sticky notes yang warna warni.

Tidak hanya untuk sebuah hadiah acara spesial, dalam kegiatan sehari-hari pun begitu. Memberikan hadiah kecil sebuah susu kemasan di pagi hari untuk seorang kawan misalnya, harus ada sebuah sticky notes yang tertempel di atasnya. Apa isi tulisannya? Bebas saja. Kalau aku, biasanya memberikan sebuah ucapan selamat pagi dan beberapa kata penyemangat untuk mengawali hari.

Mengapa harus? Sebenarnya tidak harus. Namun, aku butuh melakukan itu. Berbagi kebaikan di pagi hari rasanya melegakan saja. Dan kita sama-sama tahu bahwa mendapat perhatian dari orang lain rasanya menyenangkan. Kalau kita sadari itu, mengapa tidak memulainya lebih dulu? Memberi energi positif kepada sekitar, akan berdampak pada diri sendiri, lho. Apalagi dalam hal berbagi. Sesuatu yang kita beri dengan tulus hati akan memberi ketenangan hati 🙂

Sticky notes juga bermanfaat untuk media permintaan maaf. Pernah suatu kali seseorang berbuat salah kepada kawannya, namun tak memiliki keberanian untuk meminta maaf secara langsung. Tahukah kamu apa yang ia lakukan? Ia membeli hadiah kecil lalu ia sematkan selembar sticky notes di atasnya. Sticky notes berisikan kalimat penyesalan. Setelah itu, ia pun berbaikan dengan kawannya.

Menurutku, keberanian dia menuliskan penyesalan dan permintaan maaf dalam sticky notes perlu diapresiasi. Sebab, ada lho kasus di mana dua orang yang “perang dingin” tak juga saling sapa hanya karena sebuah gengsi. Akhirnya, mereka tak juga bertukar sapa dalam waktu yang sangat lama. Mengerikan, kan? Jadi, sticky notes di sini berperan sebagai perantara awal saja. Langkah selanjutnya, mereka berbicara secara langsung membicarakan permasalahnya.

Ada beberapa orang masih menganggap tidak penting perihal pesan singkat dalam sticky notes ini. Menurutku sayang sekali. Setiap kita pasti memiliki perhatian dan keinginan yang ingin disampaikan kepada orang lain. Namun, karena satu dan lain hal akhirnya kita mengurungkan niat untuk menunjukkan pikiran dan perasaan itu. Akhirnya, siapa pun tidak bisa mengerti dan merasakan pikiran serta perasaan kita.

Lalu, dampak negatifnya apa? Dampaknya negatifnya banyak dan berbahaya. Kelak, kita akan menjadi apatis terhadap orang-orang di sekitar. Kita tidak peduli apakah mereka sedang berduka atau tidak. Kita juga tidak peduli apakah mereka baik-baik saja atau tidak. Akhirnya, terjalinkah lingkungan yang super individualis. Kita tidak mengenal arti simpati dan empati. Kita pun tidak mengenal makna seorang “kawan” dan “pertemanan”. Kita tidak memahami makna kebersamaan. Yang kita tahu hanya tentang diri sendiri saja. Hati kita pun menjadi tidak peka.

Ada banyak cara sederhana berbagi kebaikan. Menyematkan sebuah sticky notes pada sebuah hadiah hanya salah satunya. Dari sticky notes, si pengirim pesan singkat akan belajar jujur pada pikiran dan perasaannya. Si penerima pesan singkat akan berbahagia. Bahwa ternyata, ada banyak orang di sekitarnya mendoakan dan berharap kebaikan untuk kehidupannya. Hidup dengan cara yang sederhana ternyata indah, ya :’)

7 thoughts on “Sticky Notes adalah Tanda Kita Peka

  1. Setujuu!

    Untuk menyampaikan pesan untuk hadiah, Lin pribadi dulu lebih suka surat. Akhir-akhir ini lebih sering pakai sticky note sih karena alasan kemudahan dan praktis. Sekalian belajar menulis pesan sederhana dan tepat sasaran dibanding panjang-panjang dan ribet. 😁

    Liked by 2 people

    1. Hahaha sama banget. Dulu aku pun begitu, senang nulis ucapan pakai surat. Btw, ketertarikan kita banyak yang sama ya Lin wkwk ♥

      Nah, betul! Jadi latihan menulis pesan sederhana dan tepat sasaran 😀

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s