Gagal Setoran Tunai BNI

Aku menjadi nasabah BNI sejak tahun 2011. Pelayanan yang cepat tanggap dan petugas bank yang ramah adalah beberapa alasan mengapa aku setia dengan BNI. Dan alasan tambahannya, aku tidak pernah mendapat masalah dalam hal transaksi. Semakin betah sajalah aku pada bank ini.

Hingga sampai pada Bulan April kemarin. Aku mendapat masalah tentang setoran tunai pada mesin ATM. Aku akan menuliskan pengalaman tersebut pada tulisan ini. Semoga saja, teman-teman dapat memetik hikmah dan lebih berhati-hati.

Aku jarang sekali menyetor uang melalui bank. Alasannya, mungkin karena aku belum perlu menyetor uang dalam jumlah banyak. Bahkan biasanya, setoran tunai ini aku gunakan untuk mentransfer ke bank lain kala saldo BNIku kosong hahaha

Gagal Setoran Tunai

Bulan April lalu aku mendapat arisan. Jumlahnya tidak terlalu besar. Namun, sangat cukup membantu memenuhi kebutuhanku sampai hari gajian tiba. Malam itu, aku datang ke BNI margonda raya untuk menyetor uang arisan sebesar 500.000. Aku senang ke ATM sana. Mungkin alasannya karena faktor kebiasaan saja. Tidak ada alasan khusus tentang ini.

Dengan percaya diri aku langsung melakukan setoran tunai. Tidak ada kecurigaan apapun. Karena memang tidak ada pemberitahuan apapun pada mesin ATM di sana.

Setelah sukses melakukan setoran, aku langsung mengecek saldo. Dan, setoran 500.000 itu tidak masuk ke dalam saldoku. Langsung saja aku menekan tombol cancel dan berencana melakukan pengecekan kembali. Seketika, kertas resi pun keluar dari mesin ATM. Tidak seperti setoran tunai biasanya yang tertuliskan bahwa setoran telah sukses, malam itu tulisannya berbeda.

Resi yang keluar dari mesin setelah gagal melakukan setoran tunai.

Singkatnya, aku diberitahu bahwa terjadi kesalahan komunikasi penyetoran tunai. Aku juga disuruh untuk mengecek saldo dan menghubungi call centre. Membaca tulisan itu aku pun langsung memahami situasinya. Dugaanku, pasti saldoku tidak bertambah karena masalah itu. Aku pun segera mendatangi pak satpam yang berjaga di bank.

Pak satpam membantuku untuk menghubungi call centre BNI. Namun, setelah berkali-kali mencoba hasilnya nihil. Call centre BNI terlalu sibuk.

Setelah berupaya menelepon, ia memberitahuku bahwa pelaporan yang dilakukan via telepon prosesnya akan lebih cepat. Paling lama hanya 14 hari saja. Kalau pelaporan melalui bank akan lebih lama. Membutuhkan waktu 20 hari hingga akhirnya uang kembali.

Paska kejadian gagalnya setoran tunai, aku sempat mengajukan banyak pertanyaan ke Pak Satpam. Beberapa pertanyaannya seperti adakah cara awal kita tahu bahwa sebuah mesin ATM tidak bisa beroperasi dengan baik. Adakah kemungkinan pengembalian uang berlangsung lebih cepat, hanya dua atau tiga hari, misalnya. Dan ada masalah apa sesungguhnya sampai-sampai setoran tunai tidak masuk ke dalam saldo.

Menurut pak satpam, rusak atau tidaknya sebuah mesin ATM memang tidak bisa diprediksi. Apalagi bila masalahnya ada pada jaringan. Kita akan tahu ada masalah pada mesin tersebut kalau ada korban. Seperti masalah aku ini. Setelah aku jadi korban, barulah mesin tersebut ditempelkan pemberitahuan bahwa mesin ATM rusak πŸ˜…

Terkait pengembalian uang, memang tidak bisa cepat. Karena ada prosedur dan proses panjang hingga akhirnya uang nababah dapat dikembalikan. Tentang alasan mengapa terjadi masalah setoran tunai, pak satpam tidak tahu pasti. Kemungkinannya, kata si bapak masalah ada pada jaringan.

Setelah mengobrol panjang lebar, pak satpam mencatat data pribadiku seperti nomor KTP, nomor ATM, dan cerita singkat kronologi kejadian.

Melapor ke Customer Service di Bank

Tidak ada informasi banyak yang aku dapatkan setelah “ngobrol” sama Mbak customer service. Aku hanya bercerita singkat tentang masalahku, kemudian aku disuruh mengisi formulir kronologi kejadian, dan mbak customer service memberikan penjelasan singkat tentang pengembalian uang.

Informasi yang paling aku ingat adalah, proses paling lama pengembalian uang adalah 20 hari. Nanti uang akan kembali secara otomatis ke saldoku. Mbak juga bilang, kalau setelah 20 hari uang belum juga kembali, aku bisa menghubungi bank lagi. Nanti, akan dikaji lebih dalam lagi. Seperti, pengecekan kamera CCTV dan pengecekan buku satpam yang berisi data nasabah yang bermasalah. Ribet kan πŸ˜‚

Saat mendengar penjelasan itu, aku merasa bingung dengan prosedurnya. aku yang membawa data lengkap dan bukti saja mengurusnya “seribet” ini. Bagaimana bila nasabah yang bermasalah tidak memiliki bukti resi seperti milikku. Pasti prosesnya akan lebih panjang lagi.

Uangku Kembali

Tepat 20 hari akhirnya uangku kembali. Selama menunggu uangku kembali, aku sempat browing membaca keluhan-keluhan nasabah lain yang memiliki masalah sama. Rata-rata uang mereka jauh lebih besar dibanding aku.

Ada pula nasabah yang marah sekali karena uangnya tidak juga kembali setelah 20 hari. Ia berkeluh kesah dan meminta pihak BNI mengatasi masalah ini dengan cepat. Di zaman seperti saat ini yang teknologinya super canggih, seharusnya prosesnya akan lebih singkat dan praktis.

Kasihan kepada nasabah yang benar-benar membutuhkan uang. Ada kepala keluarga yang “curhat”, kalau masalah seperti ini taruhannya adalah keberlangsungan rumah tangga. Ia merasa dirugikan karena dana yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga harus “ditahan” hingga 20 hari lamanya.

Aku juga mencari tahu bagaimana bank lain menyelesaikan masalah seperti ini. Entah bagaimana kerumitan yang dialami BNI, ternyata ada kok bank lain yang mengurus kepentingan seperti ini lebih cepat. Dalam waktu 24 jam saja uang sudah dapat kembali.

Bagi aku pribadi, pengalaman ini benar-benar menjadi pelajaran. Menunggu 20 hari ternyata lama banget, lho. Apalagi untuk orang-orang yang sedang membutuhkan uang. Pengembalian uang yang terlalu lama bisa menganggu keberlangsungan hidup sehari-hari.

Saranku untuk teman-teman, beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum setoran tunai:

1. Pastikan kamu setoran tunai di ATM yang bersatu dengan bank. Sebab, kalau ada permasalahan pada mesin ATM, kamu bisa meminta tolong langsung kepada Pak Satpam untuk memberikan informasi.

2. Jangan setor uang seluruhnya sekaligus. Periksa dulu apakah mesin ATM berfungsi dengan baik. Bagaimana cara mengeceknya? Kamu lakukan dulu setoran tunai dalam jumlah sedikit. 20.000 atau 50.000, misalnya. Kalau berhasil, barulah kamu menyetor semua uangnya.

3. Kalau mengalami masalah seperti aku, sebaiknya langsung telepon call centre. Kalau misalkan sibuk, telepon saja terus sampai berhasil. Sebab, pelaporan yang dilakukan via telepon, proses pengembalian uangnya akan lebih cepat. Untuk BNI, hanya 14 hari saja.

4. Kalau sudah melapor dan ingin tahu sudah sampai tahap mana pengaduanmu diproses oleh BNI, kamu tanyakan saja via BNI call centre. Kamu tidak perlu ke bank langsung. Karena akan buang-buang waktu saja. Customer service tidak akan mempercepat proses. Ia hanya akan memberi tahu pengaduan kamu sudah sampai tahap apa.

5. Tidak perlu khawatir, uangmu akan tetap kembali. Hanya saja tentang waktu sifatnya tentatif. Tergantung pihak BNI. Saranku, kalau proses sudah melebihi 14 atau 20 hari, kamu perlu tanyakan kembali kepada pihak BNI.

Baiklah, sekian cerita pengalamanku tentang gagal setoran tunai BNI. Semoga tidak terulang lagi. Semoga menjadi penyemangat untuk kamu yang sedang menunggu pengembalian uang dari BNI πŸ’ͺ

Dan untuk teman-teman wordpress, semoga menambah informasi terkait setoran tunai ini 😊

Semoga ke depannya, BNI pun memperbaiki sistemnya. Semoga lebih cepat dan praktis. Aamiin.

28 thoughts on “Gagal Setoran Tunai BNI

    • Wah, Syifa lupa mengambil kartunya kah? Aku juga pernah. Tapi kartu atm CIMBku. Alhamdulillah prosesnya sangat cepat. Satu hari juga jadi sama seperti kita membuka rekening πŸ™‚

      Iya, sama-sama, Syifa πŸ˜€

      Like

      • Iya lupa. Mungkin waktu itu lagi terburu-buru. Sempat khawatir juga karena kejadiannya selalu pas hari sabtu/minggu. Jdinya ga bisa langsung ke bank. Harus nunggu senin dlu buat ke bank. Ternyata sehari juga langsung jadi dan dapat kartu baru. Untungnya saldonya masih amanπŸ˜…

        Like

      • Saya juga sedang mengalami kasus seperti itu mba. Sekarang sudah 16 hari kerja. Apakah harus menunggu 20 hari kerja? Tapi itu berner2 bakal dibalikin kan yaa soalnya baca di web lain uang ada yg 2 bulan belum dibalikin. Saya jadi khawatirr

        Liked by 1 person

      • Halo, Shafira! Aku turut bersedih, Shafira πŸ™

        Kamu BNI juga? Iya, 20 hari kerja kalau kamu melapor langsung ke customer servicenya. Iya, dikembalikan, kok. Kalau sudah 20 hari kerja tetapi belum dikembalikan, aku sarankan, kamu telepon Call Centre saja ya 😊

        Like

      • Saya kurang tahu, mas. Alhamdulillah saya lebih sering berhasilnya. Barangkali boleh ditanyakan ke customer servicenya mas πŸ™πŸ»

        Like

  1. Sy jg mengalami masalah gagal setor tunai di mesin ATM BNI.
    Kronologi seperti ini :
    Hari Jum’at, tgl. 22 Mei 2020 jam 16.15 sy melakukan setor tunai di Mesin ATM BNI di salah satu kantor cabang BNI daerah Semarang. Uang Rp. 4.650.000,- sy masukkan semua’y ke dlm mesin, terdengar mesin mulai menghitung uang tp setelah itu mesin diam sgt lama sy tunggu dgn sabar, akhirnya sy sadar kalau mesin tsb mengalami masalah krn selama ini ketika sy melakukan setor tunai di mesin prosesnya cepat. Krn sudah terlalu lama menunggu & mesin pun tidak menunjukkan tanda2 bersahabat akhirnya sy tekan tombol cancel, sekali tekan tombol tdk ada perubahan, dua kali, tiga kali pun sama, sy tekan lg tombol cancel akhirnya keluar nota yg intinya berbunyi ‘Terjadi Masalah Komunikasi’, disitu tertulis spy lakukan pengecekan saldo atau hubungi BNI Call 1500046.
    Stlh kartu ATM sy keluar dari mesin sy masukan lg utk melakukan pengecekan, tp sekali lg mesin diam sgt lama, akhir’y muncul juga menu, sy cek saldo tp saldo sy tdk bertambah, kemudian sy cek lg di mesin sebelahnya hasilnya tetap sama, sy cek melalui Mobile Banking pun sama. Sy mulai resah & bingung, kemudian sy panggil pak Satpam, saran dari pak Satpam krn tgl 22 Mei 2020 adalah hari terakhir Bank beroperasi sbb mulai libur Idul Fitri, sy hrs buat laporan ke CS pada hari Bank mulai beroperasi lg di hari Selasa tgl. 26 Mei.
    Atas saran teman sy, jam 20.00 malamnya sy hubungi BNI Call 1500046 utk buat aduan. Aduan sy diterima & diberikan nomor Aduan & diminta menunggu selama 14 hari kerja & anytime saja sy bisa tlpon BNI Call lg utk menanyakan progres’y, dijelaskan jg biasanya sebelum 14 hari kerja uang tersebut sdh bisa masuk ke rekening kita.
    Hari Jum’at berikutnya sy ke CS Bank tempat dimana sy melakukan setor tunai tsb untuk menanyakan progresnya. Jawaban yg sy dapat dari CS Bank “Kalau sdh buat aduan melalui BNI Call 1500046 maka progressnya harus ditanyakan melalui BNI Call nya juga, sbb kita tidak ada datanya” 😲😱. Dibantu CS Bank sy menghubungi BNI Call nya lg utk menanyakan progresnya. Jawaban dari CS BNI Call nya masih dalam proses & dijanjikan uang tersebut akan masuk ke rekening pd tgl. 11 Juni 2020.
    Tepat tgl. 11 Juni jam 13.00 sy cek saldo rekening sy tp tidak ada penambahan. Kembali sy telpon ke BNI Call nya lg, dgn santai CS nya bilang masih dlm proses, otomatis sy emosi, kemudian sy bilang sebelum sy pasti ada org2 lain yg mengalami mslh yg sama seperti sy, biasa’y brp lama mrk tunggu uang mrk masuk ke rekening, jawaban dari CS nya “Tidak bisa dipastikan”, Hadeh! Klo ga bisa dipastikan kenapa nasabah dijanjikan uang tersebut akan masuk dlm tempoh 14 hari kerja. Terus sy tnya lagi, kapan uang Rp. 4.650.000,- sy bisa masuk. Sekali lg dgn santai jawaban dari CS nya “Tunggu sampai dapat pemberitahuan melalui SMS”. Sampai ubun2 rasanya darah sy. Dgn agak emosi sy tanya lagi, seandainya uang tersebut tidak masuk2 juga kemana sy harus melapor, dijawab lg “Kita akan bantu terus prosesnya”. Sampai kapan jeenggg,,, 😫 Sy perlu uang itu!
    Akhirnya sy sudahi perbicaraan sy di tlpon dgn perasaan yg sgt geram.
    Sekarang sdh tgl. 19 Juni, sy cek saldo sy tetap tidak ada perubahan. 😭😭😭

    Liked by 1 person

    • Halo, Mbak Dini! Terima kasih sudah sharing pengalamannya mbak. Aku turut bersedih atas masalah gagal setoran tunai bni ini ya mbak. Merasakan banget betapa kesalnya πŸ™

      Tadi aku hitung2 di kalender (tanpa tanggal merah), kalau pengajuan tanggal 22 mei, seharusnya sekarang sudah kembali ya uangnya. Dihubungi terus aja mbak call centrenya. Tanyakan terus. Dulu aku juga begitu.

      Oh iya, jangan lupa rajin cek saldo, ya. Soalnya saat uang sudah kembali, bni tidak memberikan informasi apa-apa melalui sms.

      Semoga segera kembali uangnya, mbak dini πŸ™‚

      Like

    • Saya gagal setor juga dari tgl 11 november 2020 sd. sekarang tgl 30 desember 2020 belum dikembalikan. Saya juga sudah bolak balik nelpon call center dan ke kantor cabang tpi belum ada hasil. Jawabannya hanya masih proses

      Liked by 1 person

  2. Syukurlah mba Shinta,,, Setelah genap satu bulan terhitung dari tgl setor tunai & pengaduan sy pada 22 Mei 2020 akhir’y pada tanggal 22 Juni 2020 uang sy sebesar Rp.4.650.000,- sdh dikembalikan ke rekening sy tanpa kurang satu sedikit pun. Jadi lama’y hari sy menunggu adalah 19 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu & tgl merah).
    Sebelum uang tsb masuk, tgl 22 Juni jam 11.30 siang sy menghubungi lg BNI Call 1500047. CS BNI Call’y pun beritahu kalau sdh terlewat agak lama sejak tgl jatuh tempoh yg dijanjikan pihak BNI utk mengembalikan uang tsb yg seharus’y sdh dikembalikan pd tgl 11 Juni. Mba CS BNI Call’y beritahu ke sy bahwa beliau akan bantu sy kirimkan Email ke Pusat & jika dalam waktu 2 atau 3 hari kedepan uang tsb belum juga dikembalikan, sy diminta utk menghubungi pihak BNI Call 1500046 lg.
    Sore’y sesudah waktu Magrib kurang lebih jam 18.00 waktu Semarang sy coba cek saldo sy rekening BNI sy melalui BNI Mobil Banking, syukur Alhamdulillah uang sy sebesar Rp. 4.650.000,- sdh dikembalikan & masuk ke rekening sy tanpa kurang sedikit pun.
    Sy bener2 lega rasa’y, krn penantian sy sdh berakhir krn sy mmg betul2 membutuhkan uang tsb.
    Bagi teman2 yg mengalami hal serupa dgn sy, semoga sharing sy ini bisa membantu.
    πŸ™πŸ€—

    Terimakasih jg buat mba Shinta,,, πŸ™

    Liked by 1 person

    • Oya,,, Pemberitahuan dari pihak BNI’y justru baru sy terima hari ini tgl 24 Juni 2020, jd agak terlambat 2 hari dari tgl uang sy dikembalikan ke rekening sy.
      Apa2 pun jg sy ucapkan terimakasih byk kpd pihak BNI,,, πŸ™

      Liked by 1 person

      • Mbak Diah, aku turut senang dan lega dapat kabar baik ini. Alhamdulillah πŸ₯Ί terima kasih sudah berbagi update-an tentang masalah setoran tunai di sini, Mbak Diah. Sharing Mbak Diah pasti membantu teman-teman yang mengalami masalah serupa 😊

        Mbak CSnya baik banget ya mbak dia menawarkan diri kirim email ke pusat. Bantuan semacam ini sangat membantu nasabah ya mbak :’)

        Oh iya, mbak. Hari ini pihak BNI kirim pemberitahuan via apa mbak? BNI memang profesional, mbak. Hanya saja, perihal gagal setoran seperti ini sistemnya masih belum efektif dan efisien ya mbak. Menurutku, menunggu satu bulan agar uangnya kembali itu terlalu lama. Semoga saja masalah ini segera diperbaiki oleh pihak BNI.

        Sama-sama, Mbak Diah. Terima kasih juga sudah berbagi πŸ˜ŠπŸ™πŸ»

        Like

  3. Kakk, kita bisa nggk melaporkannya di cabang yg berbeda? Atau harus sama di cabang di mana kita melakukan setor tunai tersebut?

    Liked by 1 person

  4. Halo saya mau cerita nih.. tadi siang aku melakukan setor tunai di dearah semarang seperti biasanya , nah uang itu buat bayar kuliah di usm sebesar 900 rb perbulan..
    karna sudah biasa setor tunai di situ aman” aja baru kali ini terjadi masalah . pas aku masukan uang buat setor tunai dan selesai kok langsung muncul “apakah ingin melakukan transaksi lagi?” dalam hati berkata ”LOO KOK NGGA KELUAR STRUKNYA.”.. jadinya aku tekan iya aja deh. setelah itu aku berniat untuk langsung bayar kuliah saya, saat dalam proses kok lama banget gitu terus aku tanya satpamnya katanya itu ketelan harus di proses besok (SEMPRUL) tapi malah di bantu sama satpam buat di ambil kartunya karna itu satpanya tau KTM itu buat bayar kuliah… jadi ngga lama cuman 2 jam selesai nah yang jadi masalah uangnya ngga masuk rekening “WADUHH GAWAT NIH” akhirnya di kasih tau sama satpamnya tadi ada uang yang nyangkut ngga masuk gitu 900 ribu tapi disuruh ngurus besok senin ke banknya dateng jam 8 pagi katanya. sembari mencari artikel tentang masalah setor tunai ini… ada yang cepat ada yang lambat tapi intinya uang kembali lagi.
    Sempat sudah email pada minggu ini tapi baru ingat kalo jam kerja bank itu cuman senin – jumat aja jadi besok harus dateng ke bank kalo ngga call center saja tapi ngga ada salahnya mencoba
    ini emailku ke bni
    ”Tolong bantu saya untuk mengembalikan uang yang tidak masuk ke rekening nomor mesin S1CUDSR004 CRM GAYAMSARI. sempat mengalami kartu ketelan namun dapat di ambil tapi seteleah di cek kembali ternyata uang tidak masuk dan saya tidak mendapatkan struk namun ada CCTV yang bisa sebagai bukti dan SATPAM yang dapat menjadi saksi. uang di gunakan untuk bayar kuliah di USM dan saya menggunakan KTM BNI- ,mrr ,c-. oleh karena itu saya dapat menunggu selama sebulan saja.”
    semonga bisa kembali dalam sebulan ini karna kalo lebih nanti kena denda … kasian duit orang tua saya.. soalnya udah pernah sekali ngalamain kyk gini uang ngga kembali tapi itu di bank I3.r.!
    ,1 jt ludes udah di urus sana sini tapi ngga bisa di bantu
    oh iya saya itu pake KTM ya (Kartu Mahasiswa )
    makasih sudah baca semoga bisa cepet balik itu duit… saya akan coba update terus biar tau seberapa lama kinerja dari BANK BNI DI SEMARANG

    Liked by 1 person

    • Halo, Mas Mirza! Terima kasih sudah sharing pengalamannya, mas. Saya turut berduka atas masalah ini πŸ™

      Saran saya, Mas Mirza hubungi call centre aja, ya. Soalnya, waktu pengembalian uangnya akan lebih cepat dibanding datang langsung ke customer service.

      Insya Allah uangnya akan kembali. Sepengalaman saya, dikembalikannya sekitar 14/20 hari. Difollow up terus saja ya mas via call centre.

      Semoga uangnya segera kembali ya, Mas Mirza 😊

      Like

      • hallo kak ini sudah di proses beberapa hari ini dan saya selalu melakukan pengecekan di nomor aduan 1-2242411796. sampai saat ini masih di lakukan koordinasi dengan tempat saya lakukan setor tunai. harapan saya melakukan pengecekan berkala agar prosesnya lebih cepat .. termakasih kak

        Liked by 1 person

      • Halloo hari ini saya sudah cek kembali aduan saya dan ternyata sudah di kembalikan tanggal 14/08/2020.. aduan ini melalui social media facebook terhitung dari tanggal 9 – 14 agustus hanya 5 hari kerja sudah selesai dan hari ini akan saya check, ini lumayan cepat dari pada teman” yang mengalami kendala sampai 20 hari kerja….

        Liked by 1 person

      • Hai, Mirza! Alhamdulillah. Senang sekali mendengar kabar baik ini 😊 Kabar baik dari BNI. Berarti sekarang pengembalian uang bisa lebih cepat untuk masalah-masalah tertentu.

        Terima kasih banyak sudah berbagi, Mirza! Jangan lupa setor uang sedikit dulu kalau ingin setoran tunai ya, Mirza. Untuk memastikan mesinnya sedang error atau tidak 😁

        Like

  5. mas mirza melakukan aduan lewat apa biar cepat. sy juga mengalami hal yang sama dengan jumlah nominal yang lumayan banyak. padahl uangx untuk beli obat. ohon sarannya.

    Liked by 1 person

    • Halo, salam kenal mbak Erma 😁

      Pengaduannya via call centre aja mbak supaya lebih cepat. Proses pengembaliannya Insya Allah 10 hari kerja.

      Semoga lekas kembali uangnya ya, Mbak πŸ™πŸ™

      Like

Leave a comment