Dia yang sedang memandang langit berbintang sendirian, mampu membuat hatinya yang dirundung duka menjadi lebih tenang. Karena, ketika memandang langit berbintang, dia mengingat kuasa-Nya. Membuat langit yang indah saja Allah bisa. Apalagi masalah dirinya?

Orang lain yang tidak mengerti, mungkin merasa aneh mengapa dia menatap langit begitu lama. Bagi orang lain, menatap langit tidak memiliki makna apa-apa. Namun, bagi dia, menatap langit begitu bermakna.

***

Menelusuri jalan setapak tanpa mengamati sekitar, tidak akan memberi makna apa-apa. Sebab, yang kita tahu, kita hanya berjalan kaki biasa saja. Jalan kaki yang dapat membuat kaki pegal dan badan lelah.

Sekali-kali, coba niatkan, kita berjalan kaki tidak hanya untuk menuju tempat yang dituju. Cobalah berjalan kaki tanpa buru-buru. Cobalah berjalan kaki untuk mengamati. Sayang sekali bila kita melewatkan momen berjalan kaki begitu saja. Padahal, ada banyak hal bisa kita amati dan pelajari.

Aku melihat dua perempuan sedang duduk di pinggir danau. Aku perkirakan, usianya sekitar 19-20 tahun. Mereka sedang bercengkrama dan tertawa sambil menatap kamera gawai. Kameranya memang sengaja di pasang tepat di depan mereka. Aku tidak tahu pasti untuk apa mereka melakukannya. Namun, kutahu mereka benar-benar menikmati siang tadi. Aktivitas sederhana yang mudah dilakukan di mana saja, ternyata mampu membuat keduanya begitu bahagia.

Aku melihat laki-laki dan perempuan sedang duduk sambil bercerita. Mereka memakan es krim yang sedari tadi sudah siap ditangannya. Sesekali saling menatap dan kemudian menunduk malu. Aku tak tahu mereka sepasang kekasih atau bukan. Yang kutahu, mereka adalah dua manusia yang sedang jatuh cinta. Mungkinkah aku sok tahu? Ah sepertinya tidak. Bukankah dua tatap mata saling cinta akan terlihat meski tidak diungkapkan lewat kata?

Aku melihat seorang perempuan sedang duduk sambil memegang nasi bungkus di tangan kirinya. Ia menatap danau sambil menyuap sesendok nasi dan mengunyah dengan perlahan. Aku tersenyum melihatnya. Danau dan situasi yang tenang kurasa teman yang tepat untuk mengisi perut lapar.

Aku duduk di samping rerumputan sambil mengamati sekitar. Dan ditemani beberapa potong buah nanas yang sengaja kubeli di jalan tadi. Memakan buah di siang yang terik ini ternyata membahagiakan. Entah apa yang orang lain pikirkan tentangku, biar saja. Kupikir, setiap orang bebas melihat, memikirkan, dan mengira apa yang orang lain lakukan.

Di sini, kami tidak saling mengenal. Kami juga tidak tahu apa yang orang lain pikirkan. Kami hanya dapat saling mengamati dan menerka. Kemudian menyadari, ternyata setiap orang selalu memiliki cara tertentu untuk menggunakan dan menikmati waktu.

***

Setiap kita, bebas menggunakan waktu 24 jam setiap hari. Semoga 24 jam itu bisa kita gunakan dengan sebaik-baiknya.

Setiap orang juga bebas memilih aktivitas apa yang paling cocok dengan dirinya. Maka, nikmati dan syukuri waktu kita. Lalu, hargai waktu orang lain.

Biarlah setiap manusia menikmati dan berbahagia dengan aktivitas yang paling disukai. Contohnya, seperti dia yang senang menatap langit pada kalimat pembuka tulisan ini. Bukankah setiap orang memiliki aktivitas yang berarti?

3 thoughts on “Aktivitas yang Berarti

  1. Duh aduh, Mbak Shinta itu keren lagi kalau menulis deskripsi. Ngefans deh.

    Ya ya, biarkan saja menikmati waktunya. Biarkan saja menghabiskan waktunya untuk apa aja. Biarkan suatu saat nanti mereka sadar, bahwa waktu tak bisa kembali

    Liked by 1 person

    1. Duh aduh, Mas Seta jangan terlalu memuji begitu wkwk

      Terima kasih ya, Mas Seta untuk tanggapan dan apresiasinya. Berkat pendapat Mas Seta, aku jadi menemukan minatku. Ternyata, aku memang senang mendeskripsikan sesuatu dan menceritakan kisah orang lain šŸ˜Š

      Setuju. “Biarkan suatu saat nanti mereka sadar bahwa waktu tak bisa kembali.”

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s