Mengetahui bahwa selalu ada alasan dalam setiap pertemuan, bagaimana kalau kita berbaik sangka?

Kita telah berusaha keras menghadapi skenario kehidupan. Kita berusaha untuk menyembuhkan luka. Kita berusaha untuk bangkit. Kita berusaha untuk mengumpulkan semangat. Kita berusaha untuk menyakinkan diri. Kita berusaha untuk kuat. Kita berusaha untuk tegar. Kita berusaha untuk tetap berjalan meskipun sudah tak mampu lagi. Kita sudah berusaha keras.

Kita telah berdamai dengan banyak hal yang tidak menyenangkan. Kita menerima banyak hal yang melukai hati. Kita menerima segala tindakan yang tidak manusiawi. Kita menerima perilaku buruk orang lain. Kita menerima kritikan yang tidak membangun. Kita menerima hal menyakitkan dengan hati lapang. Sebab kita tahu, kuasa penuh hanya ada pada diri sendiri. Kita tahu, menerima bukan berarti pasrah dengan keadaan dan enggan berjuang. Menerima artinya kita memahami bahwa sebaik apapun usaha yang dilakukan, akan selalu ada orang-orang yang tak menghargai. Sebesar apapun perbaikan yang diusahakan, akan selalu ada orang-orang yang tak melihat usaha itu. Dan hal tersebut sungguh bukan urusan kita. Urusan kita adalah berusaha terus memperbaiki dan menjadi lebih baik.

Maka, bila saat ini kita bertemu, bisakah kita berbaik sangka? Buka hati seluas-luasnya untuk memaafkan, menerima, dan memberi kebaikan. Tak perlu cemas tentang masa lalu. Tak perlu cemas tentang ketidakbaikan. Tak perlu cemas tentang kegagalan. Tetaplah menjadi diri sendiri. Tebarkan kebaikan. Biarlah aku dan kamu saling menebar kebaikan. Terima kebaikan. Biarlah aku dan kamu merasakan indahnya kebaikan.

Kita telah berjuang menghadapi kehidupan. Kita telah berdamai dengan hal-hal tidak menyenangkan. Kita telah berusaha keras. Jadi, bisakah saat ini kita berjalan beriringan dan menikmati indahnya sebuah pertemuan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s