Ternyata usia memang tidak menjamin tingkat kebijaksanaan seseorang. Mungkin, bukan kebijaksanaanlah yang menjadi permasalahannya. Namun, memang kita memiliki perbedaan ‘nilai’ yang diyakini dan ‘jalan’ yang dituju.

‘Nilai’ yang diyakini dan ‘jalan’ yang dituju, keduanya adalah faktor utama dalam menjalin hubungan. Kita akan menjalin hubungan dengan orang-orang yang menganut nilai dan tujuan yang sama. Sebab bila tidak, hanya ketidaknyamanlah yang akan kita rasakan. Sebab bila tidak, kita tak akan bisa berjalan beriringan.

Sebelumnya, aku tidak begitu paham tentang pentingnya memiliki ‘tujuan yang sama’ dan ‘nilai yang sama’ menjalin hubungan dengan seseorang. Namun kini aku paham, ternyata tujuan dan nilai adalah pangkal dari mau dibawa kemana kehidupan kita ini. Tujuan dan nilai juga adalah pangkal dari apa-apa yang kita lakukan. Meskipun ‘cara yang dilakukan setiap orang berbeda-beda’, pangkalnya tetaplah sama. Maka, kita dapat berjalan beriringan bersama.

Berbeda dengan seseorang yang tidak memiliki tujuan dan nilai yang sama. Tentu, arah yang akan diambil pun akan berbeda. Jalan manapun yang dipilih, kita tidak akan pernah bertemu. Sepanjang perjalanan pun kita akan terus bertanya-tanya. Sepanjang jalan pun kita akan bingung dan berdebat. Kita tak akan bisa berjalan beriringan dalam damai. Kita tak akan memiliki rasa aman dan nyaman. Karena, pangkal yang kita tuju tidaklah sama.

Cara yang dipilih setiap orang pasti berbeda dan beragam. Namun, selama nilai dan tujuan kita sama, kita bisa saling membersamai. Membersamai untuk saling menyemangati, membersamai untuk saling mengingatkan, membersamai untuk saling menjaga, dan membersamai untuk saling menguatkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s