Kita memang dapat melakukan pekerjaan lebih baik ketika belajar dari kesalahan. Begitu juga dalam belajar memasak.

Saya sudah beberapa kali belajar memasak bihun goreng. Beberapa kesalahan pun pernah dilakukan seperti, bumbu yang tidak sesuai dengan takaran bihun, sayur yang tidak matang, bihun yang terlalu basah, bumbu yang terlalu kering, hingga bumbu yang terlalu banyak. Cukup banyak kesalahan yang saya lakukan ya 😀 Tidak apa-apa. Kesalahan terjadi karena kita telah mencoba dan berusaha kan? Berkat kesalahan tersebut saya menjadi lebih paham hal-hal yang perlu dilakukan dan hal sebaiknya tidak dilakukan ketika memasak bihun goreng.

Menurut saya, siapapun bisa memasak bihun goreng. Cara membuatnya pun mudah. Kita hanya perlu hati-hati dan bersabar. Ada beberapa tahapan yang terlihat sepele, namun penting dilakukan. Siapa yang mengira merebus bihun ternyata tidak baik menggunakan air yang terlalu banyak? Siapa yang mengira ternyata bihun dapat langsung lembut hanya dengan direndam air panas? Siapa yang mengira ternyata membumbui bihun sebelum digoreng ternyata memudahkan proses memasak?

Baiklah, saya akan berbagi pengalaman memasak bihun goreng. Semoga pengalaman saya memudahkan kalian yang ingin belajar memasak bihun ya 😀 Kali ini saya berbagi resep untuk porsi besar. Sangat cukup untuk acara keluarga.

Bahan yang diperlukan:

1. Sepuluh kotak bihun (Kalian dapat membeli bihun eceran. Satu bungkus berisi empat buah bihun. Harganya 10.000 rupiah)

2. Lima belas buah bawang merah

3. Tujuh buah bawang putih

4. Empat buah kemiri

5. Satu bungkus royco (Ukuran sesuai selera)

6. Garam (Ukuran sesuai selera)

7. Lada (Ukuran esuai selera)

8. Kecap Manis

9. Bakso

10. Sayur kol

Persiapan memasak bihun goreng:

1. Masak air hingga mendidih. Letakkan bihun dalam sebuah wadah. Siramkan air mendidih ke dalam wadah yang terisi bihun. Diamkan selama kurang lebih dua menit, lalu aduk. Perlu diingat, jangan terlalu banyak menggunakan air. Sebab, air yang terlalu banyak akan membuat bihun menjadi basah sekali (Bihun memiliki kemampuan yang baik dalan menyerap air. Seluruh air bisa terserap semua oleh bihun). Bihun yang terlalu basah, akan membuat bihun goreng mudah basi saat matang nanti.

Setelah tekstur bihun sudah lembut dan matang sempurna, bubuhkan bumbu garam, royco, dan kecap dalam wadah tersebut. Aduk rata dan tes rasa apakah sudah sesuai dengan selera. Tujuan pemberian bumbu dalam wadah ini adalah supaya memudahkan proses memasak di dalam penggorengan nanti. Memudahkan pula proses mencampurkan bihun dengan bakso dan sayur kol.

3. Haluskan bumbu bihun yaitu, bawang merah, bawang putih, kemiri, lada, garam, dan royco.

4. Potong bakso dan sayur kol dalam ukuran kecil (Isian bihun goreng sesuai selera, kalian bebas memilih toppingnya apa, bisa juga ditambahkan wortel dan sosis ;))

Cara memasak bihun goreng:

1. Panaskan sedikit minyak goreng dalam penggorengan, lalu masak bumbu hingga matang. Perlu diperhatikan, kematangan bumbu harus sesuai. Tidak boleh setengah matang atau terlalu matang (bumbu cenderung kering dan menggumpal).

Jika bumbu setengah matang, maka saat hidangan sudah matang, aroma bihun goreng menjadi tidak sedap, karena tercium aroma bumbu mentah. Jika bumbu terlalu matang, maka bumbu akan sulit bercampur dengan bihun dan sayur. Dikarenakan bumbu menggumpal. Oleh karena itu, harus hati-hati ya! Ciri-ciri bumbu matang sempurna adalah warna kekuningan dan aromanya harum. Tidak tercium aroma bawang mentah.

2. Masukkan topping bihun goreng yaitu, sayur kol dan bakso. Aduk hingga sayur menjadi layu dan bakso tampak matang.

3. Masukkan bihun yang sudah dibumbui dan diberi kecap. Aduk rata dengan topping.

4. Tes rasa apakah sudah sesuai dengan selera. Jika belum sesuai, boleh ditambahkan kecap, garam, dan royco.

5. Jangan lupa, supaya bihun tidak hangus, api kompor harus dalam ukuran kecil ya. Setelah bihun, topping, dan bumbu tercampur sempurna dan rasanya sudah pas, matikan kompor. Dan sisihkan.

6. Bihun goreng siap disantap! Jika bihun hanya diletakkan diwadah dan tidak dimasukkan ke dalam kulkas, bihun tidak akan tahan lama. Bihun hanya bertahan selama delapan jam saja. Lebih dari waktu itu, bihun goreng akan basi. Saya belum tahu cara bagaimana agar bihun tahan lama. Kalau kalian mengetahuinya, boleh sekali berbagi informasi ke saya 😀

Baiklah, sekian proses memasak bihun goreng versi saya. Tahapan memasaknya memang agak banyak, membutuhkan kesabaran, dan membutuhkan waktu lama. Tetapi, kalau sudah sering membuat, prosesnya akan lebih mudah dan cepat kok 😉 Saya dan Yuniar sudah merasakannya hehe Semoga bermanfaat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s