Judul Buku: Ayat-ayat Cinta 2

Penulis: Habiburrahman El Shirazy

Halaman: 442-443

Umat islam mendapat predikat khaira ummah, umat terbaik. Itu bukan predikat mutlak tanpa syarat. Ada syaratnya untuk bisa menjadi umat terbaik. Ada tiga syarat, pertama, menyuruh berbuat yang makruf, menyuruh berbuat baik. Ini tidak berarti hanya menyuruh, tetapi sebelum menyuruh ia harus terlebih dulu berbuat baik sendiri, ia ingin lingkungannya baik, masyarakatnya baik, maka ia menyuruh sesamanya berbuat baik.

Syarat kedua, harus berani mencegah kemunkaran. Tentu ia sendiri harus terlebih dahulu menjauhi segala kemunkaran, kejahatan, dan dosa. Dan ia berani mencegah orang lain dari yang mungkar. Ini tidak semua orang berani. Sifat ini, biasanya dimiliki oleh para nabi dan rasul. Yang menjalankan sifat seperti seperti ini sesungguhnya dia meneladani para nabi dan rasul.

Dan syarat ketiga, yang sesungguhnya adalah paling azas dari semua syarat itu yaitu beriman kepada Allah, Tuhan seru sekalian alam. Itu adalah syarat yang sama yang diminta oleh Allah kepada Nabi Ibrahim dan keturunannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s